Sejarah Martabak

Sejarah Martabak

Martabak. Siapa, sih, yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini. Martabak di Indonesia dikenal dengan 2 jenis, yaitu manis dan  telur. Kuliner ini sangat mudah ditemukan juga sudah memiliki penggemar di setiap kota di Indonesia. Tapi, mengenai sejarahnya sendiri kamu sudah tahu kan? Ternyata, beda rasa beda sejarahnya, lho, Martabak Lovers.

Sejarah Martabak Asin

martabak telur spesial raja

Martabak asin atau lebih dikenal dengan martabak telur ini awalnya berasal dari Bollywood, tempatnya Sharukhan dibesarkan. Sekitar awal tahun 1930-an Ahmad bin Abdul Karim (kita sebut dia Ahmad) seorang pemuda dari Tegal - Jawa Tengah yang bertemu dengan pemuda India (sayangnya bukan Sharukhan) bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary (sebut saja Abdullah) saat sedang berdagang di perkotaan Semarang yang kemudian bersahabat dan berakhir menjadi ipar ketika Abdullah diajak ke kampung halaman Ahmad dan bertemu jodohnya, yaitu Adiknya Ahmad. #ciee
Cukup flashbacknya! Abdullah yang ahli dalam membuat makanan akhirnya membuat makanan yang kita sebut martabak dengan modifikasi demi menyesuaikan selera sang isteri yang memiliki cita rasa Indonesia banget. Jadilah martabak seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Sejarah Martabak Manis

Martabak Manis Martabak Raja

Nah!  Kalo untuk yang satu ini berasal dari bumi pertiwi, yup! Indonesia yaitu Bangka Belitung. Nama asli martabak adalah Hok Lo Pan diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Arti dari Hok Lo Pan adalah kue-nya orang Hok Lo. Awalnya taburannya hanya sekadar mentega kemudian coklat dan seiring berjalannya waktu makin banyak inovasi untuk topping kue ini. Kini martabak sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Martabak manis juga memiliki banyak sebutan bahkan di Indonesia sendiri, seperti kue terang bulan, kue bandung, dan juga apam pinang.

Sejarah Martabak Bintang

Makan Bintang

Nah, yang terbaru sekarang ini adalah martabak dengan bentuk unik yaitu martabak bintang, Martabak Lovers. Martabak bintang ini memiliki tekstur dan cara pembuatan yang sama dengan martabak manis hanya saja bentuknya bintang. Dengan bentuknya yang unik dan topping sesuai selera pasti akan menggugah selera kamu, belum lagi kulit keringnya yang renyah. Bayanginnya aja bikin kamu ngiler, iyakan? Kalo yang satu ini cuma ada di Martabak Raja, lho.
Mau martabak yang mana? Semuanya ada kok di Martabak Raja hehe kalo gak percaya, liat aja daftar menunya. Let's order and enjoy!

Related Articles: