Buka puasa dengan yang pedas ?Kenapa Tidak

Buka puasa dengan yang pedas ?Kenapa Tidak

Kita yang ber-lidah Indonesia banget, pasti rasanya ada aja yang kurang kalau makan tanpa tambahan sambal atau cabai. Tapi bagaimana ya, kan sekarang bulan puasa, akan ganggu kesehatan dan puasa, ngga ya? Nah! Mari kita bahas lebih dalam faktanya!

"Mengkonsumsi makanan pedas saat buka puasa dan sahur boleh saja, tapi tidak berlebihan dan sebaiknya dikurangi namun tidak perlu berhenti mengkonsumsinya sama sekali" Ujar Dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP. Seorang praktis kesehatan RS Cipto Mangunkusumo. Jadi, aman-aman saja tuh makan makanan pedas asalkan ngga berlebihan. By the way, kalian sudah tahu, belum kalau ternyata cabai sendiri merupakan makanan yang kaya akan gizi, lho lantaran banyak mengandung nutrisi, antara lain serat, vitamin C, vitamin A, mineral dan antioksidan.

Belum lagi, cabai juga mengandung Capsaisin yaitu zat penyebab rasa pedas hadir di lidah. Selain menyebabkan rasa pedas hadir, Capasisin sendiri memiliki mandaat seperti meningkatkan nafsu makan, merangsang buang air besar, serta karena bersifat analgetik juga membantu mengurangi sakit kepala. Cabai juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori lebih baik. Kata Dr. Ari lagi.

Nah, Karena itu kalau kalian tidak punya masalah sama pencernaan, cabai tentu tetap bisa dikonsumsi kok guys saat sahur dan berbuka. Tapi ingat jangan sampai berlebihan. Justru kalo konsumsi cabai bisa membantu buang air besar yang kadang-kadang sulit saat kalian berpuasa.

Kalian tahu ga, kenapa sulit BAB pas puasa? Menurut Dr. Ari, kesulitan itu karena aktivitas gerak dan minum yang relatif kurang. Tak hanya itu, komponen cabai yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga sangat dibutuhkan saat berpuasa. 

Nah, bagaimana Martabak Lovers udah ga khawatir lagi kan konsumsi makanan pedas saat buka puasa ataupun sahur? Kalian bisa juga nih makan dengan sensasi makanan pedas dan manis, Martabak Abon. Tapi Jangan lupa ya, "jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi cabai dan ingat! kalian jangan coba-coba kalo pencernaan kalian sedang bermasalah. Apabila kalian mengkonsumsi cabai yang berlebih tentu akan mencetuskan kambuhnya sakit mag, dan Pada sebagian orang akan merangsang diare," Tutur Dr. Ari. dan apabila pencernaan kalian baik-baik saja so, kenapa tidak untuk sering mengkonsumsinya. Apalagi konsumsi Martabak Abon dari Martabak Raja

Related Articles: